PUBG dan Fortnite Di Blacklist Pemerintah China

PUBG dan Fortnite Di Blacklist Pemerintah China
PUBG dan Fortnite Di Blacklist Pemerintah China

PUBG dan Fortnite di Blacklist – Setiap negara tentu saja memiliki kebijakan masing-masing tentang apa yang boleh dan tidak boleh diakses atau digunakan oleh warga negaranya. Termasuk diantaranya adalah game. Di beberapa negara, pemerintah mengatur dengan sangat ketat game apa saja yang boleh atau tidak boleh dimainkan oleh warganya. Dan bahkan ada negara-negara tertentu yang memang melarang 100% warganya untuk bermain game. Memang menyakitkan, tetapi tetap harus ditaati.

Republik Rakyat China adalah salah satu negara yang menerapkan peraturan yang sangat ketat persoalan game. Diketahui, baru-baru ini pemerintah China membentuk komite peninjau game online. Komite ini bertugas untuk mereview game online yang beredar di Tiongkok untuk dinyatakan apakah layak dimainkan ataukah tidak. Dari 20 game online yang sudah direview, sembilan game diantaranya dinyatakan tidak layak dimainkan dan akan segera di blacklist oleh pemerintah China.

                                                                                                                Source Image : Line Today
PUBG dan Fortnite di Blacklist

Mayoritas dari 9 game yang masuk daftar hitam tersebut adalah game yang bergenre battle royale. Yang paling menjadi sorotan tentunya Players Unknown’s Battlegrounds (PUBG) dan Fortnite). Selain itu game lainnya yang turut terbanned adalah H1Z1, Ring of Elysium, Paladins, Free Fire, dll.

Dan juga 11 game lainnya mendapatkan teguran dari komite peninjau game online. Beberapa games tersebut diantaranya Arena of Valor, League of Legends, Diablo, World of Warcraft, dan Overwatch. Pihak developer dituntut untuk melakukan perbaikan pada gamenya agar dinyatakan layak dan tidak melanggar norma yang berlaku di negara China.

Baca Juga : Lego dan Gameloft Siap Rilis Game Baru Tahun 2019!

Tencent, Developer yang Paling Merasakan Efek Tersebut

Tencent adalah developer game yang paling merasakan efek pelarangan dari komite yang dibentuk oleh pemerintah China tersebut. Total sudah ada enam game yang masuk kategori kuning dan harus direview oleh pihak komite. Dari keenam gama tersebut, dua diantaranya harus mengubur keinginannya untuk tetap bisa mengembangkan gamenya di negara tersebut.

Tetapi belum ada ketetapan kapan jadwal pasti kapan penghapusan game tersebut akan dimulai. Namun yang jelas, hingga hari ini masyarakat China masih bisa memainkan game PUBG dan Fortnite di ponsel mereka. Andai kata game PUBG dan Fortnite juga dihapus oleh pemerintah Indonesia apakah anda setuju? Yuk sampaikan komentar positif anda di kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *